Laman

Kamis, 25 Desember 2014

Inilah 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia


Indonesia salah satu negara yang memiliki ribuan jenis kuliner tradisional. Saking banyaknya, terkadang sulit bagi kita untuk mendefinisikan mana yang termasuk masakan khas dan asli Indonesia, mana yang bukan. Berangkat itulah pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuat daftar Ikon Kulier  Tradisonal Indonesia (IKTI) atau Indonesian Traditional Culinary Icons,  jelang akhir 2012 lalu. 

Ada 30 jenis makanan dan minuman tradisonal yang masuk dalam daftar Kuliner Pusaka Indonesia adalah Heritage Cuisines of Indonesia, salah satunya tumpeng yang menjadi ikon utamanya.

Ke-30 jenis makanan dan makanan itu menjadi menu wajib KBRI di seluruh dunia dan bisa dipakai sebagai dasar masakan pilihan di Istana Merdeka. Ke-30 menu khas Indonesia dibagi menjadi beberapa kategori mulai dari makanan pembuka, menu utama, hidangan penutup hingga kudapan.

Untuk kategori makanan pembuka ada 2 macam makanan yakni Asinan Jakarta dan Tahu Telur Surabaya. Kategori Soto atau soup ada 2 macam makanan (Soto Ayam Lamongan dan Rawon Surabaya). Kategoti One Dish Meal juga ada 2 macam makanan (Gado-Gado Jakarta dan Laksa Bogor).  dan kategori sayuran ada 3 macam makanan yakni Urap Sayuran Yogyakarta, Sayur Kapau Padang, dan Orak-Arik Buncis Solo.

Kategori Sate juga ada 3 macam makanan yakni Sate Ayam Madura, Sate Maranggi Purwakarta, dan Sate Lilit Ikan Bali. Untuk kategori makanan utama ada 5 macam makanan yakni Rendang Padang, Pindang Patin Palembang, Asam Padeh Tongkol Padang, Ayam Panggang Bumbu Rujak Yogyakarta, dan Ayam Goreng Lengkuas Bandung.

Kategori dessert ada 4 macam makanan yakni Ketan Srikayo Minangkabau, Serabi Bandung, Kolak Pisang Ubi Bandung, dan Es Dawet Ayu Banjarnegara. Kategori Kudapan juga ada 4 macam makanan (Lumpia Semarang, Klapetart Manado, Nagasari Yogyakarta, dan Kue Lumpur Jakarta). Untuk kategori welcome drink ada 2 macam makanan (Kunyit Asam Solo dan Bir Pletok Betawi). Sedangkan kategori nasi ada 3 macam makanan yakni Nasi Liwet Solo, Nasi Goreng Kampung Jawa, dan Nasi Tumpeng Kuning Yogyakarta.

Dari 30 unggulan kuliner Indonesia itu, lima di antaranya berasal dari Pulau Sumatera yakni Sayur Kapau Padang, Rendang Padang, Pindang Patin Palembang, Asam Padeh Tongkol Padang, dan Ketan Srikayo Minangkabau.

Kemenparekraf meminta seluruh sekolah SMK dan Akademi Perhotelan wajib mengajarkan memasak 30 jenis makanan dalam Kuliner Pusaka Indonesia dengan benar; Juga menghimbau agar semua hotel berbintang bisa memasak 30 kuliner asli Indonesia ini dengan baik. Tujuannya tentu agar masyarakat Indonesia dan dunia mengetahui 30 favorit kuliner Indonesia ini.


Naskah & foto: adji kembara (kokirimba@yahoo.com)

Captions:
1. Tumpeng salah satu kuliner unggulan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar