Laman

Kamis, 23 September 2010

Cawiwi, Belibis Goreng Gaya Sidrap


Overland dari Makassar ke Toraja atau sebaliknya pasti melewati Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Biasanya pengunjung bukan sekadar lewat tapi singgah di sejumlah rumah makan yang menyediakan Cawiwi, menu khas setempat berupa daging Burung Belibis yakni sejenis bebek liar yang bisa terbang yang digoreng atau pun dipanggang. Kalau di Jawa semacam Pecel Lele atau Pecel Ayam.

Di Jalan Jenderal Sudirman, Sidrap terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan Cawiwi, salah satunya Rumah Makan Anugerah.

Di rumah makan tersebut, seporsi Cawiwi seharga Rp 15.000 terdiri atas sepotong paha atau dada daging Burung Belibis goreng ukuran kecil, sambal kacang yang tidak terlalu pedas dan  sambal cabe rawit merah yang pedas sekali, dengan lalapan berupa mentimun, kol, kacang panjang, dan wortel yang dipotong kecil-kecil. Ditambah sup bihun dalam mangkok kecil dan nasi pulen hangat dari beras khas Sidrap yang sudah terkenal. Penutupnya minuman pendingan berisi campuran gula merah, susu, dan selasih untuk meredam pedas sambal.

Ada beberpa menu lain yang dijual rumah makan milik pasangan suami istri Onding dan Andi Saidah ini. Ada Unreng yakni Burung Belibis dengan ciri ada garis putih di dekat matanya. Satu porsi lengkap Unreng ukuran lebih besar dari Cawiwi digoreng ataupun dipanggang Rp 17.000. Daging Unreng lebih enak. Selain itu ada Palakko berupa ongseng ampela, hati, leher, sayap Burung Belibis yang dipotong-potong kecil dengan bumbu bawang merah, cabe, jahe, merica, dan garam lalu diungkep. Seporsinya Rp 13.000.

Tips Perjalanan
Kalau Anda overland-nya mengunakan kendaraan pribadi, Anda leluasa mampir ke rumah makan yang menyediakan Cawiwi di kabupaten yang berjuluk Tanah Nene’ Mallomo.  Pun bila menyewa mobil travel. Tapi bila menggunakan kendaraan umum bus, Anda harus turun di jalan raya tersebut lalu makan, setelah itu naik bus lain lagi untuk melanjutkan perjalanan darat Anda.

Naskah & Foto: Adji Kembara (kokirimba@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar