Laman

Minggu, 26 September 2010

Oncom Tumis Leunca


Meski bahannya sederhana, namun lauk ini bisa membuat selera makan Anda bertambah lahap. Apalagi makannya dengan nasi putih hangat dalam udara dingin,  saat camping di lereng dan kaki gunung.

Oncom Tumis Leunca ini bahannya terdiri atas 1 sendok makan minyak, (2 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 3 cabai merah = boleh diulek atau diiris-iris), garam, dan bumbu penyedap secukupnya jika suka. Bahan utamannya 250 gram oncom dihancurkan kasar, 250 gram leunca ayang menjadi cirri khas masakan ini, 3 genggam daun kemangi kalau suka, dan beberapa cabai rawit hijau jika selera pedas.

Cara memasaknya juga mudah. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu yang diulek atau diiris-iris sampai harum. Lalu masukkan leunca terlebih dulu, baru kemudian oncom, garam, bumbu penyedap. Masak dan aduk rata. Masukkan kemangi dan cabai rawit hijau. Aduk-aduk lalu angkat dan hidangkan.

Oncom Tumis Leunca ini lauk tambahan, bukan lauk utama (sayur, daging, ikan, dll). Fungsinya sebagai penambah selera makan seperti fungsi sambal. Bagi penikmat lauk ini, rasanya ada yang kurang lengkap bila keberadaannya tidak ada saat santap pagi ataupun siang.

Naskah & Foto: Adji Kembara (kokirimba@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar