Laman

Sabtu, 18 September 2010

Wader, Warisan Kuliner Majapahit

Disela-sela menikmati beragam situs bersejerah di Trowulan, sempatkan menikmati kuliner khasnya yakni wader, semacam pecel lele dengan sambal tomatnya. Isinya bukan lele tapi ikan air tawar kecil-kecil yang diambil dari Segaran, kolam kuno peninggalan Kerajaan Majapahit.



Penampilan seporsi wader kelihatan sederhana. Ikan kecil-kecil yang digoreng ditempatkan dalam piring tanah liat berukuran kecil. Di bawah tumpukan wedar ada sambal tomat. Lalu ada 3 irisan mentimun, daun kemangi, dan kol putih di pinggir piring. Tapi rasa ikannya gurih dan lumayan renyah.

Sambalnya pedas-pedas asam dari cabe merah dan tomat yang digoreng lalu diulek. Harga cukup terjangkau, hanya Rp 10.000 seporsinya ditambah sepiring nasi putih.

Menu sederhana wader ini dapat Anda cicipi di sebuah Warung Raharjo yang berada di Jalan Raya Pendopo Agung, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Letak warungnya persis di seberang Kolam Segaran, sebuah kolam peninggalan Kerajaan Majapahit yang sekaligus menjadi salah satu bukti kuat bahwa Trowulan merupakan ibukota Kerajaan Majapahit pada masa lampau.

Menu lain yang bisa dipilih ada mujaer, gurame, belut, bandeng, udang, dan ayam goreng serta bothok. Untuk minumnya ada teh panas-dingin, kopi, es kelapa muda, air mineral, dan bermacam softdrink. Namun dari sejumlah menu warung sederhana itu, yang paling banyak dicari pengunjungnya tentu saja wedar dan es kelapa muda.

Tips Perjalanan
Tak sulit mencari warung kecil tapi cukup bersih ini. Lokasinya mudah dijangkau, tepat di tepi jalan raya. Lokasinya tak jauh dari Pusat Informasi Majapahit (PIM).

Pengunjung yang datang dari luar Mojokerto seperti dari Surabaya atau kota lain,   usai berwisata ke sejumlah situs di Trowulan, biasanya meluangkan waktu mampir ke warung ini untuk menyantap wader-nya.

Kalau Anda ingin menikmati ikan-ikan kecil dari kolamnya Majapahit di warung tersebut, sebaiknya datang pagi menjelang makan siang. Maklum kalau sedang ramai pengunjung, sebelum sore wader-nya sudah habis.

Untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli Onde-onde, penganan khas Mojekerto di Desa Sentanan, Kecamatan Magersari, Mojokerto, tepatnya di sepanjang Jalan Niaga. Harga satuan penganan yang berisi kacang ijo di dalamnya itu Rp 2.000. Anda juga bisa membelinya di Rumah Makan Melati di Kecamatan Krian, Sidoarjo sebelum kembali ke Surabaya.

Naskah & Foto: Adji Kembara (kokirimba@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar