Laman

Minggu, 19 September 2010

Mie Terempa Khas Anambas

Saat berkeliling pulau di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sempatkan mencicipi kuliner khasnya.  Dari sekian makanan perpaduan Melayu pulau dan keturunan Tionghoa ini, Anda patut coba Mie Terempa. 


Mie Terempa salah satu makanan khas Melayu pulau  yang banyak ditemui di Kota Terempa, Kecamatan Siantan. Oleh karenanya disebut Mie Terempa atau juga Mie Siantan.

Mie goreng ini berbahan mie kuning dari tepung terigu, telur, kecambah dan tentunya potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabe, kecap, dan lainnya.  Pilihan lainnya mie tiaw (kalau di Jawa dan daerah lainnya disebut kwi tiaw) yang bahannya dari mie putih dari tepung beras, kecambah, telur dan potongan ikan yang digoreng dengan bumbu cabe, kecap dan lainnya. Biasanya dijual pada pagi sampai sore hari di sejumlah kedai kopi, warung makan sederhana, dan restoran. Harga seporsinya cuma Rp 7.000.

Anda pun patut mencoba aneka kuliner tradisional khas Anambas lainnya seperti roti goreng, bakwan goreng, lemper, nasi dagang, dan gado-gado melayu serta kopi. Biasanya dijual di kedai-kedai kopi yang banyak terdapat di Kota Terempa.

Tips perjalanan
Kota Terempa dapat ditepuh dengan pesawat dan kapal laut. Anambas baru memiliki sebuah bandara yang merupakan bandara khusus milik ConocoPhilips yang juga digunakan sebagai bandara domestik di Kecamatan Palmatak. Rute penerbangan Bandara Matak ke Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Bandara Hang Nadim (Batam), Bandara Sultan Syarif Qasim II (Pekanbaru), dan Bandara Soekarno Hatta (Jakarta). Dari Palmatak lalu naik speedboat atau kapal bermotor ke Terempa.

Naskah & Foto: Adji Kembara (kokirimba@yahoo.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar